Kumpulan Hadis Tentang Kemuliaan Al-Quran

Hadis tentang keutamaan alquran - Al-Qur’an adalah mukjizat terbesar yang Allah Subhanahu wa ta’ala turunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam. Di dalamnya memuat pesan-pesan yang komprehensif dan universal. Bukan hanya bagi umat muslim, tapi juga untuk umat manusia secara keseluruhan.

Alquran hadir sebagai pelengkap dari seluruh risalah ilahi. Segala pengetahuan telah terangkum dalam alquran, mulai dari pembahasan tentang akidah, akhlak, ibadah, hingga muamalah. Segala pengetahuan ini menunjukkan betapa kekuasaan Allah tidak terhingga.

Alquran adalah pedoman hidup, ia memberi petunjuk dan menuntut manusia menuju jalan keselamatan dan kebahagiaan yang hakiki. Tentu saja petunjuk dari alquran ini hanya bisa direngkuh oleh mereka yang mau membuka hati serta menerima kebenaran alquran.

Petunjuk alquran inilah yang akan membebaskan manusia dari kegelapan menuju cahaya terang. Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman, “Sesungguhnya telah datang kepada kalian cahaya dari Allah dan Kitab yang menerangkan. Dengan kitab itulah Allah memberikan petunjuk kepada orang-orang yang mau mengikuti keridhaan-Nya ke jalan keselamatan, dan dengan kitab itu pula Allah mengeluarkan orang-orang itu dari gelap gulita menuju cahaya yang terang benderang atas seizin-Nya, serta menuntutn mereka ke jalan yang lurus.” (Q.S Al-Maidah: 15-16).

hadis tentang keutamaan alquran

Hadis-Hadis Tentang Keutamaan dan Kemuliaan Alquran


Berikut ini beberapa hadis Nabi yang membicarakan tentang kemuliaan dan keutamaan alquran. Hadis-hadis tentang alquran ini banyak memuat pesan nasehat dan motivasi untuk semakin bersahabat dengan alquran.

Pesan-pesan tersebut antara lain bahwa alquran sebagai pedoman hidup yang tidak akan membuat seseorang tersesat, orang yang bersahabat dengan alquran akan diangkat derajatnya oleh Allah, berdialog dengan Allah melalui ayat-ayat alquran, pahala membaca alquran, keutamaan belajar dan mengajarkan alquran, buruknya orang yang tidak pernah membaca alquran, dan sebagainya.

تَرَكْتُ فِيكُمْ أَمْرَيْنِ لَنْ تَضِلُّوا مَا تَمَسَّكْتُمْ بِهِمَا: كِتَابَ اللهِ وَسُنَّةَ نَبِيِّهِ
Aku tinggalkan untuk kalian dua perkara. Kalian tidak akan pernah tersesat selama berpegang teguh dengannya, yaitu Kitabullah (Al-Qur’an) dan sunnah nabi-Nya (Hadis). (HR. Muslim)

إِنَّ اللَّهَ يَرْفَعُ بِهَذَا الْكِتَابِ أَقْوَامًا ، وَيَضَعُ بِهِ آخَرِينَ
Sesungguhnya, dengan kitab ini (Al Qur’an) Allah meninggikan derajat suatu kaum dan menjatuhkan derajat kaum yang lainnya. (HR. Muslim)

Penjelasan:

Barangsiapa yang mau menjadikan alquran sebagai pedoman dan mengamalkan isi kandungannya, maka Allah akan meninggikan derajatnya. Tapi barangsiapa yang tidak beriman kepada alquran, maka Allah akan menghinakan dan merendahkan derajatnya.

إِذَا أَحَبَّ أَحَدُكُمْ أَنْ يُحَدِّثَ رَبَّهُ فّلْيَقْرَأُ القُرْآنَ
Apabila seseorang ingin berdialog dengan Tuhannya maka hendaklah dia membaca Alquran. (HR. Ad-Dailami dan Al-Baihaqi)

الْمَاهِرُ بِالْقُرْآنِ مَعَ السَّفَرَةِ الْكِرَامِ الْبَرَرَةِ، وَالَّذِي يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَيَتَتَعْتَعُ فِيهِ، وَهُوَ عَلَيْهِ شَاقٌّ لَهُ أَجْرَانِ
Orang yang pandai membaca alquran akan bersama malaikat yang mulia, dan orang yang membaca alquran dalam keadaan sulit dan terbata-bata maka dia mendapatkan dua pahala. (HR. Bukhari dan Muslim)

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ
Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari alquran dan mengajarkannya. (HR. Bukhari)

إِنَّ الَّذِي لَيْسَ فِي جَوْفِهِ شَيْءٌ مِنَ القُرْآنِ كَالبَيْتِ الخَرِبِ
Orang yang dalam benaknya tidak ada sedikitpun dari alquran ibarat sebuah rumah yang bobrok. (Mashabih As-sunnah)

مَنْ قَالَ فِي القُرْآنِ بِغَيْرِ عِلْمٍ فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ
Barangsiapa mengulas alquran tanpa ilmu pengetahuan maka bersiaplah ia menduduki tempatnya di neraka. (HR. Abu Dawud)

Penjelasan:

Maksud hadis ini adalah menerjemahkan, menafsirkan atau menguraikan alquran hanya dengan mengandalkan akal pikirannya sendiri tanpa panduan dari hadis Rasulullah, panduan dari para sahabat dan ulama yang saleh, serta tanpa akal dan naqal yang benar.

مَنْ قَالَ فِي الْقُرْآنِ بِرَأْيِهِ فَأَصَابَ فَقَدْ أَخْطَأَ
Barangsiapa menguraikan alquran dengan akal pikirannya sendiri dan benar, maka sesungguhnya dia telah berbuat kesalahan. (HR. Ahmad)

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا
Barangsiapa membaca satu huruf saja dari alquran, maka baginya satu pahala. Dan satu pahala itu diganjar sepuluh kali lipat. (HR. Tirmidzi)

(Baca juga: Kata Kata Motivasi Islami dari Alquran)

Itulah beberapa hadis pilihan yang membicarakan tentang keutamaan alquran. Semoga semakin memotivasi diri kita untuk terus belajar alquran.
Kumpulan Hadis Tentang Kemuliaan Al-Quran Kumpulan Hadis Tentang Kemuliaan Al-Quran Reviewed by Kang Ef on 11.08 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.