24+ Kata Bijak Islam Tentang Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

Kata bijak islam tentang berbakti pada orang tua – Di antaranya bentuk kesempurnaan ajaran islam adalah fakta bahwa dalam islam sangat memperhatikan masalah etika. Termasuk di dalamnya tentang etika bagaimana bersikap kepada orang tua. Islam sangat menekankan untuk berbuat baik kepada kedua orang tua atau biasa dikenal dengan istilah Birrul Walidain. 

Berbuat baik atau berbakti kepada kedua orang tua adalah salah satu perintah Allah SWT yang tertuang dalam alquran. “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik kepada kedua orang tua.” (Q.S Al-Isra’: 23-24).

Sudah sepantasnya bagi seorang anak untuk mempersembahkan bakti terbaik kepada kedua orang tuanya. Karena mereka adalah penyebab keberadaan kita di dunia, mereka juga yang telah merawat kita sejak kecil, terutama sang Ibu yang mengandung dengan susah payah sembilan bulan lamanya. Berbakti kepada kedua orang tua bukan hanya sebagai balas budi seorang anak kepada orang tua, tapi lebih dari itu, berbakti kepada kedua orang tua adalah kewajiban yang diperintahkan oleh Allah dan Rasul-Nya.

Dalam beberapa ayat alquran, Allah SWT bahkan menggandengkan perintah tauhid dengan berbakti kepada kedua orang tua. Hal ini menunjukkan bahwa kedudukan orang tua sangat agung, hingga Allah menyandingkannya dengan masalah tauhid. Rasulullah juga sampai mengatakan, “Ridha Allah tergantung pada ridhanya kedua orang tua, Murka Allah tergantung pada murkanya orang tua” (HR Tirmidzi).

Sayangnya, banyak anak di zaman sekarang yang mengabaikan perintah mulia ini. Mereka memperlakukan orang tua dengan kasar, membangkang perintahnya, bahkan menganggap orang tuanya sebagai beban dan menelantarkannya. Islam sangat tidak memperkenankan hal itu, bahkan untuk bilang “uf” saja dilarang, apalagi yang lebih dari itu.

(Baca juga: Kata Mutiara Islam Tentang Anak)

kata bijak islam berbakti pada orang tua

Kata Mutiara Islam Tentang Berbakti Pada Orang Tua


Berikut ini beberapa kata mutiara islam tentang berbakti kepada kedua orang tua. Koleksi kata mutiara islam ini memuat pesan-pesan indah yang mengajak kita untuk berbakti kepada kedua orang tua dengan menampilkan perkataan dan sikap yang terbaik pada orang tua.

Love your parents. We are so busy growing up, we often forget they are also growing old.
Cintai kedua orang tuamu. Kita begitu sibuk tumbuh dewasa, tapi kita sering lupa bahwa mereka juga bertambah tua.

Don't anger your parents in order to please other people. Those other people did not spend their lives building yours.
Jangan marahi kedua orang tuamu hanya untuk menyenangkan orang lain. Orang lain tidak menghabiskan hidup mereka untuk membina dan membangun hidupmu.

The most beautiful thing in this world is to see your parents smiling, and knowing that you are the reason behind that smile.
Hal terindah di dunia ini adalah ketika melihat kedua orang tua tersenyum dan mengetahui bahwa kamu adalah alasan di balik senyuman itu.

Nobody on earth can love you more than your parents.
Tidak ada manusia di bumi yang bisa mencintaimu lebih dari kedua orang tuamu.

The best thing you can do for your parents, is none other than asking Allah to forgive them.
Hal terbaik yang bisa kamu lakukan untuk kedua orang tuamu, tidak lain adalah memohonkan ampunan kepada Allah untuk mereka.

And your Lord has decreed that you not worship except Him, and to parents, good treatment. Whether one or both of them reach old age while with you, say not to them so much as, "uff" and do not repel them but speak to them a noble word. – (Q.S Al-Isra’: 23)
Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain-Nya dan hendaklah kamu berbuat baik pada kedua orang tua dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya mencapai umur lanjut dalam penjagaanmu, maka sekali-kali jangan kamu katakan kepada keduanya perkataan "ah" dan jangan kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. – (Q.S Al-Isra’: 23)

Allah's blessing will depend on the parents' blessing, Allah's wrath will depend on the wrath of both parents. – Hadits
Ridha Allah tergantung pada ridha kedua orang tua, dan murka Allah tergantung pada murka kedua orang tua. – Hadis

If your parents are alive, be grateful at the opportunity to earn Jannah by serving them. – Nouman Ali Khan
Jika orang tua kalian masih hidup, bersyukurlah karena memiliki kesempatan untuk meraih surga dengan berbakti kepada mereka. – Nouman Ali Khan

Looking at your parents with kindness brings the reward of an accepted pilgrimage. – Hadits
Tidaklah seseorang yang berbakti kepada kedua Orang tuanya, kemudian Ia mamandang kedua orangtuanya dengan pandangan rahmat kasih sayang, melaikan ditulis padanya di setiap pandangan tersebut seperti Haji Mabrur. – Hadis

Your parents are the door to jannah. Open it or close it. Your choice
Orangtuamu adalah pintu menuju surga. Bukalah pintu itu atau tutup saja. Itu tergantung pilihanmu.

Love your Parents, You owe them a lot. You never prayed to have them, but they may have prayed to have you. – Mufti Menk
Cintailah kedua Orangtuamu, kamu berutang banyak kepada mereka. Kamu tidak pernah menyebut mereka dalam doamu, tapi mereka mungkin selalu berdoa untukmu. - Mufti Menk

And We have enjoined upon man, to his parents, good treatment. – (Q.S Al-Ahqaf: 15)
Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada kedua orang tuanya. – (Q.S Al-Ahqaf: 15)

Our Lord, Forgive me and my parents, and all the believers on the Day when the reckoning will be established. – (Q.S Ibrahim: 41)
Ya Allah, ampunilah kedua orang tuaku serta seluruh orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat). – (Q.S Ibrahim: 41)

Our parents are blessings, don't delay showing them love. We don't know how long we have this blessing for. – Dr. Bilal Philips
Orang tua kita adalah berkah, jangan menunda untuk menunjukkan cinta kepada mereka. Kita tidak tahu berapa lama kita memiliki berkah ini. – Dr. Bilal Philips

Don't ever complain about what your parents never offered you. They probably gave you all they have.
Jangan pernah mengeluh tentang apa yang tidak pernah ditawarkan oleh kedua orang tuamu. Mereka mungkin telah memberikan segala yang mereka miliki untukmu.

Don't underestimate your parent’s dua for you. Their dua are so important that Allah recorded them in the Quran. Ask them to make dua for you. Right now. – Nouman Ali Khan
Jangan meremehkan kekuatan doa dari keuda orang tuamu. Doa mereka begitu sangat penting hingga Allah mencatatnya dalam Alquran. Mintalah mereka untuk mendoakanmu. Sekarang juga. – Nouman Ali Khan

There is no school equal to a decent home, and no teacher equal to a virtuous parent.
Tidak ada sekolah yang setara dengan rumah yang nyaman, dan tidak ada guru yang setara dengan orang tua yang saleh.

If you want to see if you are humble or not, see how you are to your parents. – Nouman Ali Khan
Jika kamu ingin melihat apakah dirimu orang yang rendah hati ataukah tidak, lihatlah bagaimana sikap yang kamu tunjukkan kepada kedua orang tuamu. – Nouman Ali Khan

May Allah give us the strength to take care of our parents, the way they took care of us when we were helpless.
Semoga Allah memberi kekuatan kepada kita untuk merawat orang tua kita, sebagaimana mereka merawat kita saat kita tidak berdaya.

My Lord, have mercy upon them as they brought me up when I was small. – (Q.S Al-Isra’: 24)
Wahai Tuhanku, kasihilah mereka berdua, sebagaimana mereka berdua telah merawatku di waktu kecil. – (Q.S Al-Isra’: 24)

The greatest blessing after the bounties of the Creator-God is the blessing of parents. – Fakhruddin Ar-Razi
Berkah terbesar setelah karunia Tuhan sebagai Sang Pencipta adalah berkah dari kedua orang tua. – Fakhruddin Ar-Razi

Keep your parents smiling , they spent their days and nights keeping you from crying. – Dr. Bilal Philips
Buatlah kedua orang tuamu tersenyum, karena mereka telah menghabiskan waktu siang dan malam untuk membuatmu tidak menangis. – Dr. Bilal Philips

(Baca juga: Kata Mutiara Islam Tentang Ibu)

Semoga beberapa kata mutiara islam tentang berbakti kepada orang tua tersebut membuat kita semakin memahami kedudukan terhormat orang tua dalam islam dan menyadari kewajiban kita sebagai seorang anak untuk berbakti kepada mereka.
24+ Kata Bijak Islam Tentang Berbakti Kepada Kedua Orang Tua 24+ Kata Bijak Islam Tentang Berbakti Kepada Kedua Orang Tua Reviewed by Kang Ef on 13.52 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.