19+ Kata Mutiara Islam Tentang IMAN

Kata mutiara islam tentang Iman – Secara bahasa, iman berarti percaya. Sementara secara istilah, iman adalah sebuah keyakinan dalam hati, dinyatakan dalam ucapan lisan, dan kemudian diaplikasikan ke dalam tindakan nyata. Maka jelaslah, bahwa keimanan itu bukan sebatas ucapan di bibir belaka. Allah bahkan menafikan orang-orang yang menyatakan beriman di mulut saja namun hatinya ingkar (Q.S Al-Baqarah: 8).

Ketika Rasulullah Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam bertanya kepada Malaikat Jibril tentang hakekat iman, Jibril menjawab bahwa iman adalah kamu percaya kepada Allah, para Malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para Rasul-Nya, serta qada’ dan qadar yang baik ataupun yang buruk. Keenam kepercayaan itulah yang dikenal sebagai rukun Iman dalam islam.

Untuk membuktikan kebenaran dan kesungguhan iman seseorang, maka pengakuan iman secara lisan itu wajib diiringi dengan keyakinan kuat di dalam hatinya serta ditunjukkan dalam amal perbuatan nyata. Jika hal ini terbukti ada dalam pribadi seseorang, maka ia layak menyandang predikat sebagai orang mukmin.

(Baca juga: Kumpulan Kata Bijak Islam Tentang Bersyukur)

kata mutiara islam tentang iman

Kata Bijak Islami Tentang Iman


Berikut ini beberapa kata mutiara islam tentang iman yang memuat pesan-pesan indah tentang iman seorang muslim. Seperti derajat keimanan, manusia yang hidup tanpa iman, keimanan yang tertanam kuat dalam sanubari, merasakan manisnya iman, hati yang kosong dari keimanan, memegang teguh keimanan, menumbuhkan keimanan, dan sebagainya.

Iman is like an aeroplane ride, the higher you go up, the smaller the things on earth look.
Memiliki iman itu seperti naik pesawat, semakin tinggi kamu terbang, maka segala sesuatu yang ada di bumi akan terlihat semakin kecil.

The person without iman is restless in this world.
Manusia tanpa iman akan merasa gelisah di dunia ini.

If Allah is always on your mind, Iman will always be in your heart.
Jika Allah selalu ada dalam pikiranmu, maka Iman akan selalu ada di dalam hatimu.

Be a MAN of IMAN so that you deserve to be her MAN. Be a WOMAN of the DEEN so that you deserve to be his QUEEN. – Dr. Farhat Hashmi
Jadilah pria yang beriman supaya kamu layak untuk menjadi prianya (suaminya). Jadilah wanita yang taat beragama supaya kamu layak untuk menjadi ratunya (istrinya). – Dr. Farhat Hashmi

Whoever tasted the sweetness of Iman, Will always recognize the bitterness of Sins.
Siapapun yang sudah merasakan manisnya iman, maka ia akan merasakan pahitnya dosa.

When good advice does not affect a change in ones ways, then know this that one's heart is empty from Iman. – Abu Bakar
Jika nasihat yang baik tidak memberikan pengaruh bagi perubahan seseorang, maka ketahuilah bahwa hatinya itu kosong dari Iman. – Abu Bakar

The highest degree in Iman is that you always regard yourself in the presence of Allah. – Utsman bin Affan
Tingkatan iman tertinggi adalah bahwa kamu selalu menyadari kehadiran Allah di hadapanmu. – Utsman bin Affan

A person may break your heart and damage your pride, but never ever give them the power to break your iman.
Seseorang dapat menghancurkan hatimu dan merusak harga dirimu, akan tetapi jangan pernah memberikan mereka kekuatan untuk menghancurkan imanmu.

When a believer reaches to that stage where everything in his heart depends on what pleases Allah, that's true Iman. – Imam Anwar al-Awlaki
Ketika seorang yang beriman mencapai tahap di mana segala sesuatu di dalam hatinya bergantung pada apa yang membuat Allah senang, maka itulah keimanan sejati. – Imam Anwar al-Awlaki

The deeper you get in iman and knowledge, the more peaceful you become.
Semakin dalam keimanan dan pengetahuan yang kamu miliki, maka semakin dirimu merasakan kedamaian.

O Allah, Renew the faith (Iman) in our hearts and bless us with its sweetens.
Ya Allah, perbaruilah iman di dalam hati kami dan berkahilah kami dengan manisnya iman.

Allah has already planted the seed of Iman in our hearts, It’s up to us to water it and let it grow.
Allah telah menanamkan benih Iman di dalam hati kita, selanjutnya terserah kita untuk menyiraminya dan membiarkannya tumbuh.

There are problems everyday. Problems wih work, home, life. But we forgot that the biggest problem we have is the problem of our IMAN.
Ada begitu banyak masalah setiap hari. Masalah dengan pekerjaan, rumah, kehidupan. Tapi kita lupa bahwa masalah terbesar yang kita hadapi adalah masalah IMAN kita.

Feed your Iman, and your problems will starve to death.
Berilah makanan untuk Imanmu, maka semua masalahmu akan mati kelaparan.

Iman is like a flower, that must consistenly watered with Good deeds and repentance otherwise it becomes weak.
Iman itu seperti bunga, yang harus disiram secara terus menerus dengan amal kebaikan dan taubat. Jika tidak, iman itu akan layu.

The rights of iman are four; 1) God-consciousness (Taqwa), 2) shame, 3) gratitude and 4) patience.
Hak iman itu ada empat; 1) Taqwa, 2) rasa malu, 3) bersyukur dan 4) sabar.

Iman is a statement of the tongue, an action of the limbs and a belief of the heart. It increases with obedience and decreases with disobedience.
Iman adalah pernyataan yang diucapkan di lisan, dibuktikan dalam amal perbuatan anggota badan dan keyakinan dalam hati. Ia akan meningkat dengan ketaatan dan berkurang dengan ketidaktaatan.

There is no greater loss than the loss of IMAN.
Tidak ada kerugian yang lebih besar daripada kerugian IMAN.

(Baca juga: Kata Kata Islami Tentang Kebahagiaan)

Semoga kumpulan kata mutiara islam tentang iman tersebut dapat memupuk keimanan kita dan memotivasi kita untuk senantiasa memperbaiki diri sehingga layak untuk menyandang predikat sebagai mukmin.
19+ Kata Mutiara Islam Tentang IMAN 19+ Kata Mutiara Islam Tentang IMAN Reviewed by Kang Ef on 10.23 Rating: 5

Most Recommended

1500+ Kata Mutiara Islam Terbaik, Inspiratif, dan Penuh Motivasi

Kata mutiara islam terbaik, inspiratif, dan penuh motivasi – Kata kata adalah jiwanya komunikasi. Kata kata menjadi salah satu alat atau si...

Diberdayakan oleh Blogger.