61+ Kata Mutiara Islam Penyejuk Hati dari Hadis Nabi (Bag. 2)

Kata mutiara islam penyejuk hati dari hadis – Seringkali kita mengaku cinta kepada Rasulullah SAW, tapi benarkah kita sudah betul-betul mencintai Rasulullah ataukah masih sekedar pengakuan di bibir saja?.  Salah satu tanda bahwa kita mencintai Rasulullah SAW adalah dengan kita mengikuti sunnah-sunnahnya. Karena sunnah adalah cara hidup Nabi Muhammad SAW, baik yang menyangkut ucapan, perbuatan maupun ketetapannya.

Tentu saja untuk dapat mengikuti sunnah-sunnah Nabi, terlebih dahulu kita harus mengetahuinya, yaitu dengan cara membaca dan mempelajarinya melalui hadis. Hadis-hadis Nabi yang jumlahnya ribuan ini merekam perilaku Nabi dalam berbagai aspeknya, mulai dari aspek akidah, moralitas atau akhlak, ibadah, hingga tata cara bermuamalah. Dengan membaca dan mempelajari hadis, berarti kita telah berusaha untuk mengenal Rasulullah melalui sabdanya sekaligus sebagai bukti cinta kita kepadanya.

kata mutiara islam penyejuk hati dari hadis

Kata Mutiara Islam Penyejuk Hati dari Hadis-Hadis Nabi


Menyimak hadis akan membawa kita seperti sedang ikut larut dalam perjalanan Nabi. Kita akan melihat sosok manusia pilihan yang begitu mulia akhlaknya dan begitu santun tutur katanya. Berikut ini beberapa kata mutiara islam penyejuk hati dari hadis Nabi yang memuat banyak pesan nasehat dan motivasi. Artikel ini merupakan kelanjutan dari kumpulan Kata Mutiara Islam Penyejuk Hati dari Hadis Nabi bagian pertama.        

Kata Mutiara Islam Penyejuk Hati – Menyempurnakan Akhlak

Sebaik-baik manusia ialah orang yang senantiasa mengingat Allah, dan seburuk-buruk manusia adalah orang yang suka mengadu domba, suka memecah belah antara orang-orang yang saling mengasihi, suka berbuat zalim, suka mencerai-beraikan manusia, dan selalu menimbulkan kesusahan. (HR. Ahmad)

Tangan yang di atas itu lebih baik daripada tangan yang di bawah. Tangan yang di atas adalah tangan yang memberi infak, sedang tangan yang di bawah adalah tangan yang meminta. (HR. Bukhari)

Ali RA berkata, “Hendaklah kamu menasihati orang lain sesuai dengan tingkat kemampuan mereka. Adakah kamu semua senang sekiranya Allah dan Rasul-Nya itu didustakan sebab kurangnya pengertian yang ada pada mereka itu?” (HR. Bukhari)

Bukanlah orang yang kuat itu dengan menang bergulat, tetapi orang yang kuat itu ialah orang yang dapat menguasai dirinya ketika marah. (HR. Muslim)

Tidak ada pezina yang di saat berzina dalam keadaan beriman. Tidak ada pencuri yang di saat mencuri dalam keadaan beriman. Begitu pula tidak ada peminum arak di saat meminum dalam keadaan beriman. (HR. Muslim)

Kemuliaan orang adalah agamanya, harga dirinya adalah akalnya, sedangkan ketinggian kedudukannya adalah akhlaknya. (HR. Ahmad)

Seorang mukmin bukanlah pengumpat, pengutuk, berkata keji atau berkata buruk. (HR. Bukhari)

Sombong adalah menolak kebenaran dan merendahkan manusia. (HR. Muslim)

Barangsiapa ingin disenangi Allah dan Rasul-Nya hendaklah berbicara jujur, menunaikan amanah, dan tidak mengganggu tetangganya. (HR. Baihaqi)

Orangtua adalah sebaik-baik pintu surga. (HR. Ahmad)

Kata Mutiara Islam Penyejuk Hati – Tugas yang Diemban

Yang pertama kali yang akan dihisab dari seorang hamba pada hari kiamat adalah shalat. Jika shalatnya baik, maka baiklah seluruh amalnya. Dan jika shalatnya buruk, maka buruklah amalan-amalan yang lain. (HR. At-Thabrani)

Seseorang bertanya tentang makna ayat alquran ini, “sesungguhnya shalat itu mencegah perbuatan keji dan munkar”, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa shalatnya tidak mencegah perbuatan keji dan munkar, maka tidak ada shalat baginya.” (HR. Ibnu Abi Hatim)

Kaya itu bukanlah lantaran banyak harta. Tetapi kaya itu adalah kaya hati. (HR. Muslim)

Janganlah kalian terlalu bersedih dan tetaplah berbuat kebaikan, karena dalam setiap musibah yang menimpa seorang muslim terdapat penghapusan dosa, bahkan dalam bencana kecil yang menimpanya atau karena sebuah duri yang menusuknya. (HR. Muslim)

Barangsiapa yang lupa shalat maka hendaklah dia shalat ketika dia ingat, tidak ada tebusannya kecuali itu. (HR. Bukhari)

Pangkal seluruh perkara adalah islam, dan pilarnya adalah shalat. (HR. Ahmad)

Antara seorang hamba dengan kekafiran adalah meninggalkan shalat. (HR. Muslim)

Yang pertama hilang dari urusan agama kalian adalah amanah, dan yang terakhirnya adalah shalat. (HR. Al-Khara’ithi)

Rasulullah bersabda, “Seburuk-buruk pencuri adalah orang yang mencuri shalatnya.” Mendengar perkataan ini, sahabat bertanya, “Ya Rasulullah, bagaimana orang mencuri shalatnya itu?” Rasulullah menjawab, “Yaitu tidak dia sempurnakan ruku’ dan sujudnya.” (HR. Ahmad)

Islam dibangun di atas lima perkara; bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan sesungguhnya Muhammad utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, menunaikan haji, dan melaksanakan puasa Ramadhan. (HR. Bukhari)

Kata Mutiara Islam Penyejuk Hati – Mempersiapkan Bekal untuk Kehidupan Akhirat

Sesungguhnya pada hari kiamat nanti umatku akan dipanggil dalam keadaan putih cemerlang dari bekas wudhu. Barangsiapa yang mampu untuk memperlebar putihnya, maka kerjakanlah hal itu. (HR. Bukhari)

Tidak akan tiba hari kiamat sehingga ilmu pengetahuan agama dilenyapkan, banyak gempa bumi, masa saling berdekatan (semakin singkat), banyak timbul fitnah, banyak huru-hara yaitu pembunuhan, hingga harta benda melimpah ruah di antara kamu. (HR. Bukhari)

Selalu ada pahala bagi setiap pelaku kebaikan kepada seluruh makhluk hidup. (Hadits)

Seseorang yang tidak ada sedikit pun alquran di dalam hatinya adalah seperti rumah kosong. (HR. Tirmidzi)

Barangsiapa menutupi aib saudaranya, maka Allah akan menutupi aibnya pada hari kiamat. Dan barangsiapa membuka aib saudaranya yang muslim, maka Allah akan membuka aibnya. (HR. Ibnu Majah)

Sesungguhnya Allah SWT tidak memandang kepada tubuhmu dan bentuk rupamu, tetapi Dia memandang hatimu. (HR. Muslim)

Sesungguhnya, kenikmatan pertama yang akan ditanyakan kepada seorang hamba pada hari kiamat adalah, “Bukankah Kami telah memberikan kesehatan badan dan memberimu minum dari air segar?” (HR. Tirmidzi)

Apa yang aku larang untuk kalian maka tinggalkanlah, dan apa yang aku perintahkan maka lakukanlah semampu kalian. (HR. Ahmad)

Wahai sekalian manusia, bertaubatlah kepada Tuhan kalian. Sesungguhnya aku memohon ampun kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya dalam sehari sebanyak 70 kali. (HR. Tirmidzi)

Amal yang dicintai Allah adalah amal yang dilakukan secara tetap (istiqamah) meskipun sedikit. (HR. Muslim)

Kata Mutiara Islam Penyejuk Hati – Potret Mukmin yang Bahagia

Jauhilah neraka, walaupun hanya dengan separuh biji kurma atau perkataan yang baik. (HR. Bukhari dan Muslim)

Orang-orang yang merasakan manis iman adalah orang yang ridha Allah SWT sebagai Tuhannya, islam sebagai agamanya, Muhammad sebagai rasulnya. (HR. Muslim)

Setiap manusia memiliki kesalahan, dan sebaik-baik orang yang bersalah adalah mereka yang bertaubat. (HR. Ahmad)

Ikatan iman yang paling kuat adalah saling setia karena Allah dan saling bermusuhan karena-Nya,  cinta karena Allah dan benci karena-Nya. (HR. Al-Hakim)

Cintailah Allah atas apa yang telah Dia berikan kepadamu dari berbagai nikmat-Nya. (HR. Tirmidzi)

Hamba-Ku senantiasa mendekati-Ku dengan ibadah-ibadah sunnah sehingga Aku mencintainya. Maka aku menjadi telinganya yang dengannya dia mendengar, Aku menjadi matanya yang dengannya dia melihat, Aku menjadi tangannya yang dengannya dia memegang, Aku menjadi kakinya yang dengannya dia berjalan. (Hadits Qudsi)

Sungguh Allah telah menyuruhku untuk menjaga persahabatan dengan orang yang telah memutuskannya dariku, untuk memaafkan orang yang tidak berbuat adil kepadaku, dan untuk memberi orang yang kikir kepadaku. (Hadits)

Para penyayang akan dikasihi Yang Maha Penyayang. Sayangilah makhluk yang ada di muka bumi, maka makhluk yang ada di langit akan menyayangimu. (HR. Tirmidzi)

Dari Aisyah RA, dia berkata, “Tidak pernah Rasulullah disuruh memilih antara dua perkara, kecuali beliau akan mengambil yang paling mudah di antara keduanya selama itu tidak dosa.” (HR. Muslim)

Kata Mutiara Islam Penyejuk Hati – Membangun Mimpi-Mimpi

Tidak boleh iri hati kecuali pada dua hal. Yaitu kepada seseorang yang diberi harta oleh Allah lalu harta itu dikuasakan penggunaannya dalam kebenaran, dan seseorang yang diberi hikmah oleh Allah di mana dia memutuskan perkara dengannya dan mengajar dengannya. (HR. Bukhari)

Mimpi baik itu datang dari Allah dan mimpi buruk datang dari setan. Maka apabila salah seorang di antara kalian bermimpi yang tidak menyenangkan hendaklah dia meludah ke samping kiri sebanyak tiga kali dan memohon perlindungan kepada Allah dari kejahatannya sehingga mimpi itu tidak akan membahayakannya. (Hadits)

Allah tidak mengambil ilmu dengan cara mencabutnya begitu saja dari manusia. Akan tetapi Allah akan mengambil ilmu dengan cara mencabut (nyawa) para ulama, sehingga ketika Allah tidak meninggalkan seorang ulama pun, manusia akan mengangkat pemimpin bodoh yang jika ditanya mereka akan memberi fatwa tanpa didasarkan ilmu. Lalu mereka pun sesat serta menyesatkan. (HR. Muslim)

Surga itu dikelilingi dengan al-makarih (sesuatu yang dibenci), sedangkan neraka dikelilingi oleh syahwat. (HR. Muslim)

Ada dua kelompok manusia yang selalu lapar dan tidak pernah kenyang; orang yang lapar ilmu tidak pernah kenyang dan orang yang lapar dunia tidak pernah kenyang pula. (HR. Al-Hakim)

Kesengsaraan yang paling sengsara adalah miskin di dunia dan disiksa di akhirat. (HR. At-Thabrani)

Siapa saja yang menempuh jalan untuk mencari suatu ilmu (agama), maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga. (HR. Muslim)

Sesungguhnya Allah mencintai salah seorang di antara kamu yang melakukan pekerjaan dengan itqan (tekun, rapi, dan teliti). (HR. Baihaqi)

Kata Mutiara Islam Penyejuk Hati – Puasa, Ramadhan, Zakat, dan Penyucian jiwa

Puasa adalah amanah, maka hendaklah salah seorang di antara kamu menjaga amanahnya. (HR. Al-Khara’ithi)

Berapa banyak orang yang berpuasa tetapi dia tidak mendapatkan dari puasanya itu kecuali lapar dan dahaga. (HR. Nasa’i)

Sesungguhnya puasa itu tidak lain adalah perisai. Apabila salah seorang di antara kamu sedang berpuasa maka janganlah berkata kotor dan jangan pula bertindak bodoh. Dan jika ada seorang yang menyerangnya atau mencacinya maka hendaklah dia mengatakan “Sesungguhnya aku berpuasa, sesungguhnya aku berpuasa.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Tiga jenis orang yang doa mereka tidak ditolak; doa orang yang berpuasa hingga berbuka, doa pemimpin yang adil, dan doa orang yang dianiaya. (HR. Ahmad)

Pada bulan Ramadhan inilah rezeki orang beriman ditambah. Barangsiapa memberi makan orang yang berbuka puasa maka kepadanya dibalas dengan ampunan terhadap dosa-dosa dan dibebaskan dari api neraka. (HR. Ibnu Khuzaimah)

Puasa adalah sebagai perisai, selagi dia tidak memecahkan perisai itu. (HR. Nasa’i)

Sesungguhnya telah tiba bulan ini di hadapan kalian yang di dalamnya terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barangsiapa terhalang maka sungguh dia telah terhalang dari segala kebaikan. (HR. Ibnu Majah)

Pada malam lailatul qadar, Malaikat Jibril turun ke dunia dengan sekumpulan Malaikat lainnya, lalu berdoa memohonkan rahmat untuk setiap hamba Allah yang sedang berdiri shalat malam atau duduk sambil berdzikir mengingat Allah. (HR. Baihaqi)

Allah berfirman, “Demi zat yang jiwa Muhammad berada dalam genggaman-Nya, sungguh bau mulut orang yang berpuasa di sisi Allah adalah lebih harum daripada bau minyak kasturi. Bagi orang yang berpuasa ada dua kegembiraan yang dirasakannya; yaitu apabila berbuka dia bergembira, dan apabila bertemu dengan Tuhannya dia bergembira karena puasanya itu. (Hadis Qudsi)

Seandainya umatku mengerti kebaikan-kebaikan yang ada di bulan ini (Ramadhan), niscaya umatku mengharapkan dalam setahun menjadi Ramadhan semuanya. (HR. At-Thabrani)

Tidak seorang hamba pun yang berpuasa sehari di jalan Allah, kecuali karena (amalannya) pada hari itu, Allah akan menjauhkan wajahnya dari neraka (sejauh perjalanan) selama tujuh puluh tahun. (HR. Bukhari dan Muslim)

Abu Umamah RA berkata, “Wahai Rasulullah, perintahkanlah aku untuk mengerjakan suatu amalan yang dengannya saya dimasukkan ke dalam surga.” Nabi menjawab, “Berpuasalah, karena puasa itu tak ada bandingannya.” (HR. Ahmad)

Barangsiapa tidak meninggalkan perkataan dan perbuatan dusta, maka Allah tidak butuh dengan puasanya dari makan dan minum. (HR. Bukhari)

Puasa itu untuk-Ku dan Aku langsung yang membalasnya. Orang yang berpuasa mendapatkan dua kesenangan, yaitu kesenangan ketika berbuka puasa dan kesenangan ketika berjumpa dengan Tuhannya. Sungguh, bau mulut orang berpuasa lebih harum daripada aroma kasturi. (HR. Muttafaq Alaih)

Tentu saja masih banyak sekali kata mutiara dari hadis Nabi yang belum termuat di sini. Semoga beberapa pesan nasehat dan motivasi yang terkandung dalam kata mutiara islam penyejuk hati dari hadis di atas bisa membawa kesejukan dan kedamaian dalam hati kita.
61+ Kata Mutiara Islam Penyejuk Hati dari Hadis Nabi (Bag. 2) 61+ Kata Mutiara Islam Penyejuk Hati dari Hadis Nabi (Bag. 2) Reviewed by Kang Ef on 12.57 Rating: 5

Most Recommended

1500+ Kata Mutiara Islam Terbaik, Inspiratif, dan Penuh Motivasi

Kata mutiara islam terbaik, inspiratif, dan penuh motivasi – Kata kata adalah jiwanya komunikasi. Kata kata menjadi salah satu alat atau si...

Diberdayakan oleh Blogger.