23+ Kata Mutiara Islam Tentang Seruan Adzan

Kata mutiara islam tentang adzan – Secara bahasa, adzan berarti mengajak, memanggil, mengingatkan. Sedangkan secara istilah, adzan adalah lafadz-lafadz tertentu yang dipakai untuk memanggil dan mengajak kaum muslimin untuk menunaikan shalat. Adzan tersebut diperdengarkan sebagai pertanda telah memasuki waktu shalat, seperti waktu subuh, dzuhur, ashar, maghrib, dan isya’. Seruan adzan merupakan panggilan suci yang mengajak setiap kaum muslimin yang terhanyut dalam aktifitas duniawinya untuk berhenti sejenak dan bersegera menyambut panggilan Allah SWT dalam ibadah shalat.

Suara adzan yang berkumandang lima kali sehari semalam ini tidak pernah berhenti. Ia akan terus menggema susul menyusul secara bergantian dari satu masjid menuju masjid lainnya, dari satu negeri berpindah menuju belahan bumi lainnya, terus menerus berputar sampai datangnya hari kiamat. Subhanallah.

Bagi seorang muslim yang merindukan berjumpa dengan Tuhannya, seruan adzan adalah panggilan sakral yang mendorongnya untuk bersegera menziarahi rumah Tuhan. Baginya, adzan bak nyanyian terindah yang begitu menyejukkan hati.

Sahabat Ibnu Abbas RA bahkan seringkali menangis ketika mendengar adzan berkumandang. Serban yang ia kenakan seringkali basah oleh tetesan air matanya seiring alunan adzan sang muadzin. Ketika ada salah seorang sahabat yang bertanya mengapa sampai begitu? Ibnu Abbas menjawab, “Seandainya manusia tahu makna dari seruan muadzin itu, tentulah mereka tidak akan dapat beristirahat dan tidur nyenyak,”. Inilah contoh sosok manusia yang memahami akan hakikat seruan adzan. Lantas, bagaimana dengan kita?

Kata Mutiara Islam Tentang Seruan Adzan

Kata Mutiara Islam Tentang Panggilan Adzan


Berikut ini beberapa kata mutiara islam tentang adzan yang memuat berbagai nasehat indah tentang hal-hal yang berkaitan dengan adzan. Mulai dari hakikat seruan adzan, keutamaan adzan, hingga nasehat tentang bagaimana seharusnya sikap seorang muslim yang beriman ketika mendengar panggilan adzan.

No sound is better than the sound of Azan.
Tidak ada suara yang lebih indah daripada Adzan.

When you hear the Adhan, repeat what the Mu'adhin says. – Hadits
Jika kamu mendengar adzan, ucapkanlah sebagaimana yang diucapkan muadzin. – Hadis

Only satan run away from the call of adhan. It is up to us to follow satan or adhan.
Hanya setan yang kabur ketika mendengar seruan adzan. Maka itu terserah kita apakah akan mengikuti setan ataukah menyambut seruan adzan.

The most beautiful word is ALLAH. Most beautiful song is AZAN. Best exercise is SALAH. World perfect book is QURAN. And You are so lucky if you are a MUSLIM
Kata yang paling indah adalah ALLAH. Lagu terindah adalah AZAN. Olahraga terbaik adalah SHALAT. Buku yang paling sempurna di dunia adalah QUR’AN. Dan beruntung sekali jika kamu adalah seorang MUSLIM

Two will not be rejected, Supplication when the Adhan is being called, and at the time of the rain. – Hadits
Dua doa yang tidak pernah ditolak; doa ketika waktu adzan dan doa ketika waktu hujan. – Hadis

Sadness is hearing the Azan and not going to pray.
Menyedihkan adalah ketika mendengar seruan adzan tapi tidak bersegera menyambutnya dengan melaksanakan shalat.

A supplication made between the Adhan and Iqamah is never rejected. – Hadits
Sesungguhnya doa yang tidak tertolak adalah doa antara adzan dan iqamah. – Hadis

When someone is born, the Adhan is given, but there is no prayer. When someone dies, there is a prayer with no Adhan. The Adhan of our birth belongs to the prayer of our death. SubhanAllah. That’s how short our life in this dunya is.
Ketika seseorang dilahirkan, dikumandangkan adzan untuknya, tapi tanpa dilanjutkan dengan shalat. Ketika seseorang meninggal dunia, ia dishalatkan tanpa ada kumandang adzan. Adzan yang dikumandangkan ketika kita lahir adalah seruan untuk shalat saat kematian kita, Subhanallah. Begitulah singkatnya hidup kita, hanya rentang antara adzan dan iqamah.

When the prayer is called, the doors of the skies are opened, and the du'a is answered. – Hadits
Saat adzan berkumandang, pintu-pintu langit terbuka dan doa-doa dikabulkan. – Hadis

Whoever repeats after the Mu'adhin from his heart will enter Jannah. – Hadits
Siapa yang mengulangi ucapan sebagaimana yang diucapkan muadzin dengan ketulusan dari hati, maka ia akan masuk surga. – Hadis

And when you call to prayer, they take it in ridicule and amusement. That is because they are a people without understanding. – (Q.S Al-Maidah: 58)
Dan apabila kamu menyeru mereka untuk mengerjakan shalat, mereka menjadikannya sebagai ejekan dan permainan. Yang demikian itu adalah karena mereka benar-benar kaum yang tidak mau mempergunakan akalnya. – (Q.S Al-Maidah: 58)

Problems are like the adhan, they invite people to Allah.
Masalah itu seperti adzan, ia menyeru manusia untuk mendekat kepada Allah.

Some people ignored you, and you felt hurt. What about Azaan? The call from Allah you ignore everyday.
Kamu merasa sakit hati ketika ada orang yang mengabaikanmu. Lalu bagaimana dengan adzan? seruan dari Allah yang kamu abaikan setiap hari.

People now are silent for the national anthem, but they speak while the adzan is going on.
Di zaman sekarang, kita lihat manusia begitu hening ketika mendengar lagu kebangsaan dinyanyikan, sementara mereka terus berbicara ketika adzan dikumandangkan.

People want to success in their life, but when they hear the Adhan, "Hayya ‘ala aI-falah" (come tosuccess), they ignore it.
Semua orang ingin meraih sukses dalam hidupnya, tapi ketika mendengar seruan adzan “Hayya ‘ala aI-falah” (mari menuju kemenangan dan kesuksesan), mereka mengabaikannya begitu saja.

With the call of adhan, every living thing on earth attests to the triumph of Islam.
Dengan seruan adzan, setiap makhluk hidup di muka bumi memperlihatkan kemenangan Islam.

We would be successful if we respond to the call for prayer (Adhan) as fast as we respond to messages on our phone.
Kita akan sukses jika kita merespon seruan adzan secepat kita merespon pesan yang masuk di telepon kita.

If people came to know the blessing of calling Adhan and the standing in the first row, they could do nothing but would draw lots to secure these privileges. – Hadits
Seandainya manusia mengetahui besarnya pahala yang terdapat dalam adzan dan shaf pertama, kemudian mereka tidak dapat memperolehnya kecuali dengan mengadakan undian, niscaya mereka rela berundi untuk mendapatkannya. – Hadis

Do you get annoyed when someone ignores your call? Imagine when you ignore Allah call for prayer.
Apakah kamu merasa terganggu ketika seseorang mengabaikan panggilanmu? Maka bayangkan ketika kamu mengabaikan panggilan Allah (adzan) untuk mengerjakan shalat.

One way to test your heart on whether it's dead or alive, is its response to the call of Salah and how quick you respond.
Salah satu cara untuk menguji apakah hatimu hidup atau mati, adalah dengan melihat bagaimana responnya terhadap panggilan shalat dan seberapa cepat kamu meresponnya.

Strange, how sensitive our ears are to the beep of our phones, yet deaf to the call of Salah.
Anehnya, telinga kita begitu sensitif saat mendengar bunyi nada dering telepon, namun seolah tuli saat mendengar seruan adzan untuk shalat.

(Baca juga: Kata Kata Islami Tentang Masjid)

Semoga kita bisa mengambil pelajaran dari beberapa kata mutiara islam tentang adzan tersebut. Jangan pernah mengabaikan panggilan adzan dan marilah kita sambut panggilan adzan dengan bersegera menuju ke masjid untuk melaksanakan shalat berjamaah.
23+ Kata Mutiara Islam Tentang Seruan Adzan 23+ Kata Mutiara Islam Tentang Seruan Adzan Reviewed by Kang Ef on 17.28 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.